Skrip Update Otomatis RouterOS MikroTik Dengan Scheduler

Skrip Update/Upgrade Otomatis RouterOS MikroTik Dengan Scheduler – RouterOS adalah sistem operasi yang digunakan pada perangkat router Mikrotik. Tentu saja setiap sistem operasi memberikan pembaharuan fitur serta memiliki celah keamanan.

Melakukan update pada perangkat mikrotik yang kamu gunakan sangat penting, hal ini dilakukan untuk menambah fitur-fitur terbaru dan menambal celah keamanan pada perangkat tersebut.

Untuk memperbaharui RouterOS MikroTik sangat mudah secara manual dengan membuka winbox dan anda tinggal melakukan cek pembaharuan.

Apabila perangkat MikroTik yang kita atur hanya sedikit, namun hal ini tentu saja merepotkan apabila anda memiliki perangkat mikrotik yang sangat banyak.

Salah satu solusinya adalah dengan menambahkan skrip pada scheduler anda untuk melakukan pembaharuan secara otomatis ketika MikroTik mengeluarkan versi terbaru RouterOS.

Sebelum memakai metode ini harap dipastikan perangkat mikrotik kamu terinstall RouterOS versi 6.31 keatas. Pengaturan dibawah ini bisa kamu terapkan pada perangkat Mikrotik kamu:

Baca juga: Mengubah IP Publik Dan Nama ISP Jaringan Mikrotik Pada Speedtest

Time needed: 10 minutes.

Cara Update Otomatis RouterOS MikroTik

  1. Buka Winbox

    Kamu bisa membuka pengaturan untuk mikrotik menggunakan WinBox.

  2. Buat Scheduler Untuk Pembaharuan

    Silahkan kamu klik System – Scheduler, tambahkan scheduler baru dengan klik tombol “+”, atur interval berapa jam/hari pembaharuan akan diperiksa.

Pada kolom On Event kamu tambahkan skrip dibawah ini:

/system package update
check-for-updates once
:delay 1s;
:if ( [get status] = "New version is available") do={ install }

Sekian tutorial Skrip Update/Upgrade Otomatis RouterOS MikroTik Dengan Scheduler semoga membantu kamu melakukan pembaharuan dan menambah kemanan pada jaringan kamu. Wassalam

Komentar disini