Home » Tutorial » Notifikasi Email Pada Mikrotik RouterOS

Notifikasi Email Pada Mikrotik RouterOS

Notifikasi Email Pada Mikrotik RouterOS – Pengguna perangkat mikrotik semakin hari terus mengalami peningkatan, hal ini karena perkembangan internet semakin masif, yang mewajibkan semua perangkat mobile terhubung dengan koneksi internet.

Mulai dari pengguna rumahan, usaha kecil, bahkan perusahaan besar sudah mulai beralih menggunakan perangkat mikrotik untuk mengatur semua kebutuhan jaringan.

Baca juga: Skrip Reboot Otomatis Mikrotik RouterOS

Baca juga : Bypass Login Hotspot Mikrotik Dengan MAC Address

Tutorial kali ini untuk pemilik dan pengurus jaringan yang menggunakan perangkat mikrotik untuk mendapatkan notifikasi logs langsung ke surat elektronik sesuai jadwal yang diatur.

Pengaturan Notifikasi Email Pada Mikrotik RouterOS

1. Pengaturan Email

Pada tutorial ini saya menggunakan Gmail sebagai penyedia surat elektronik. Silahkan masuk ke akun gmail dengan akun dan password kamu.

Setelah akunmu berhasil masuk, kamu bisa mengakses https://myaccount.google.com/lesssecureapps

tampilan halaman

Nyalakan toogle seperti pada gambar diatas, agar perangkat mikrotik dapat melakukan akses ke email.

2. Pengaturan Perangkat Mikrotik

Kamu bisa mengakses langsung perangkat mikrotik melalui Winbox, setelah berhasil masuk ke UI pengaturan winbox kamu bisa buka New Terminal.

Nyalakan Service SNMP dengan perintah:

snmp set enabled=yes

Skrip dibawah ini untuk menyimpan username dan password email kamu pada perangkat mikrotik.

/tool e-mail
set address=smtp.gmail.com [email protected] password=passwordkamu port=587 [email protected]

Pada skrip diatas silahkan ubah [email protected]om dan passwordkamu sesuai dengan akun google kamu.

Untuk memastikan apakah pengaturan diatas bekerja pada perangkat mikrotik kamu, silahkan buka lagi New Terminal dan tempelkan skrip berikut:

/tool e-mail
send [email protected] subject="Mikrotik test" body="email test" start-tls=yes

Setelah mengeksekusi skrip diatas kamu bisa membuka inbox gmail apakah email tersebut sudah masuk? kalau sudah masuk berarti pengaturan diatas sudah bekerja.

Inbox Gmail

Jika percobaa diatas berhasil, kamu bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Namun jika percobaan diatas gagal, maka kamu bisa membuka link ini:

https://accounts.google.com/DisplayUnlockCaptcha

Klik lanjutkan

Pengaturan Jadwal email

Setelah selesai dengan pengaturan diatas, kamu bisa membuat Scheduler khusus untuk jadwal pengiriman email log mikrotik sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Contoh skrip dibawah ini untuk scheduler perangkat mikrotik mengirim email log setiap jam 01.00

/system scheduler
add interval=23h59m59s name=email on-event="/log print file=logs\
    \n/tool e-mail send [email protected] [email protected] subject=\"Backup\" body=\"\$[/system clock get date] log file\" file=logs.txt start-tls=yes" policy=ftp,reboot,read,write,policy,test,password,sniff,sensitive,romon start-date=sep/12/2019 start-time=00:01:00

Pada setiap skrip ditulisan ini ada kode [email protected] jangan lupa diubah dengan alamat email kamu sebelum mengeksekusi.

Bagaimana sangat mudah sekali ya? Kamu bisa terapkan langsung tutorial ini untuk terus memantau logs dari perangkat mikrotik untuk keperluan keamanan atau sekedar memantau kondisi jaringanmu.

Komentar disini