Rekomendasi Perangkat Mikrotik Untuk Rumah, Kafe, Dan Warung Kopi

Rekomendasi Perangkat Mikrotik Untuk Rumah, Kafe, Dan Warung Kopi – Sudah menjadi hal yang biasa pada era teknologi informasi sekarang ini rumah, kafe, dan warung kopi memiliki koneksi internet nirkabel.

Koneksi internet nirkabel ini pada rumah digunakan untuk keperluan pribadi dan keluarga, sedangkan pada kafe dan warung kopi bisa dipakai untuk lebih memanjakan konsumen ketika berkunjung.

Tiap pengguna pada jaringan internet tersebut berbeda-beda, ada yang bermain game, membuka sosial media, streaming video, dan sekedar browsing.

Banyak dari pemilik rumah, kafe, dan warung kopi tersebut hanya memakai modem yang diberikan/dipinjamkan oleh ISP tempat mereka berlangganan sebagai router dan access point.

Baca juga:

Tentu hal ini terkadang menjadi masalah ketika pengguna jaringan banyak dan tidak ada pembagian bandwith yang seimbang tiap pengguna.

Pengguna akan mengeluh koneksi internet lambat dan game terasa lag ketika pemakaian jaringan sedang ramai.

Mengapa memakai MikroTik?

Untuk mengatasi permasalahan yang sudah disebutkan diatas, Kamu perlu melakukan pembagian bandwidth antara pengguna sosial media, streaming video, dan gamers. Salah satu merek perangkat jaringan yang bisa kamu gunakan adalah produk dari mikrotik.

Semua perangkat MikroTik dengan sistem operasi RouterOS memiliki banyak fitur yang bisa Kamu sesuaikan dengan keperluan. Berikut rekomendasi perangkat MikroTik yang bisa Kamu gunakan;

Rekomendasi Perangkat Mikrotik Untuk Rumah, Kafe, Dan Warung Kopi

1. RouterBoard Seri hAP

Seri ini menurut saya adalah seri termurah yang bisa Kamu pakai. Pada seri ini semua tipe RouterBoard bisa kamu gunakan, sesuaikan spesifikasi tipe yang ingin kamu beli dengan jumlah pemakai dan total bandwidth berlangganan dari ISP yang kamu pakai, tentu saja semakin tinggi spesifikasi tipe RouterBoard yang kamu pakai semakin baik.

2. RouterBoard seri cAP

cAP adalah akronim dari ceiling Access Point, kalau kamu pribadi yang mementingkan estetika keindahan pada tempat yang ingin kamu pasang jaringan internet nirkabel, maka seri ini cocok untuk kamu.

cAP
cAP

RouterBoard pada seri ini bisa kamu tempelkan pada langit-langit atau di tembok agar lokasi pemasangan tetap terlihat indah di mata pengguna.

3. RB951Ui-2HND

Sebenarnya ini merupakan RouterBoard untuk keperluan small office home office, namun saya juga merekomendasikan sebagai router dan access point untuk di rumah, kafe, dan warung kopi.

Dengan memory yang besar dan sudah disematkan pemancar wireless pada router ini, maka cukup sekali untuk digunakan oleh pengguna yang cukup banyak.

Sekian rekomendasi perangkat Mikrotik untuk rumah, kafe, dan warung kopi, semoga bisa menjadi referensi kamu pemilik rumah dan bisnis sebelum membeli perangkat untuk distribusi jaringan internet nirkabel. Wassalam

7 komentar untuk “Rekomendasi Perangkat Mikrotik Untuk Rumah, Kafe, Dan Warung Kopi”

  1. Pingback: Agar Cepat Laku Bisnis UKM Harus Jual Produk Online #BukaInspirasi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.