Mengontrol Akses Internet Dengan Fitur Kid Control MikroTik

Fitur Kid Control MikroTik memungkinkan kita untuk membatasi koneksi internet yang diakses melalui jaringan MikroTik. Pengguna dapat memanfaatkan fitur Kid Control dengan menentukan parameter yang diperlukan untuk membatasi/menolak akses dari mac address yang sudah diatur sebelumnya, pada jam tertentu, dan/atau pada hari tertentu saja.

Fitur Kid Control pada MikroTik ini juga dapat digunakan untuk akses internet pada perusahaan/organisasi. Fitur ini memastikan pengguna hanya dapat mengakses internet pada periode jam tertentu saja untuk menghemat bandwidth atau agar penggunaan internet hanya dapat digunakan diluar jam kerja saja.

Sebelum menggunakan Kid Control MikroTik

Agar fitur Kid Control dapat bekerja dengan baik, maka pengaturan waktu pada MikroTik harus tersinkronisasi dengan baik sesuai dengan jam internet. Untuk memastikan pengaturan waktu pada MikroTik selalu sesuai dengan jam yang sebenarnya, maka atur timezone dan NTP pada MikroTik.

Baca juga: Blokir Internet Sesuai Jadwal Sholat Pada Mikrotik

Cara mengatur Kid Control

Untuk mengatur Kid Control Mikrotik, buka IP – Kid Control. Pada tab Kid tambahkan pengaturan dengan klik tanda “+”. Isi kolom name untuk pengguna yang ingin diberikan batasan, jadwal waktu pada hari yang ingin diatur, pembatasan bandwidth pada rate limit, dan waktu rate limit.

kid-control-mikrotik

Langkah selanjutnya adalah menambahkan perangkat yang ingin kamu atur pembatasan penggunaannya, untuk pengaturan ini bisa kamu lakukan dengan klik tab Devices. Tambahkan device dengan menggunakan mac address perangkat mereka, bisa diisi secara manual atau dengan menambahkan mac yang sudah ada pada list perangkat yang sudah terhubung pada MikroTik.

atur kid control mikrotik

Begitu saja pengaturan fitur Kid Control pada MikroTik untuk memberikan pembatasan pada pengguna biar gak maen hp terus :p. Selain menggunakan tutorial diatas, kamu juga bisa membuka manual wiki official MikroTik. Jika ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar dan jika artikel ini bermanfaat maka boleh sharenya dong kk :p.

2 komentar untuk “Mengontrol Akses Internet Dengan Fitur Kid Control MikroTik”

  1. kadang gak nyalah langsung ya om…. kadang error jg… tau tau pada rame dpn rumah gak ada suara nya tapi pada pegang hp wkwkwkw

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.