Watchdog Timer Mikrotik Untuk Auto Reboot Jaringan Down

Jika Kamu pernah mengalami koneksi internet pada jaringan MikroTik terputus dengan salah satu solusinya adalah dengan melakukan boot ulang perangkatmu, sama berarti gw juga :p

Kalau kejadian ini hanya sesekali mungkin melakukan reboot manual tidak terlalu menyusahkan, tapi kalau sudah terjadi berkali2, capek juga reboot manual kan ya sih?

Untuk pengguna perangkat MikroTik gampang banget solusinya yaitu Watchdog Timer. Fitur ini udah ada di perangkat MikroTik dengan RouterOS versi V3, V4 dan diatasnya.

Apa itu Watchdog Timer MikroTik?

Watchdog Timer adalah salah satu fitur MikroTIk RouterOS yang memungkinkan perangkatmu melakukan reboot otomatis jika alamat IP tertentu tidak aktif.

Cara Kerja Watchdog yaitu dengan mengirimkan ping ke alamat IP tertentu. Jika alamat IP tersebut sedang aktif, maka perangkat MikroTik bekerja seperti biasanya, tapi jika alamat IP tersebut aktif, maka perangkat Mikrotik Kamu akan melakukan restart system otomatis.

Watchdog Timer MikroTik ini bisa dipakai untuk melakukan monitoring jaringan internet dan juga bisa dipakai untuk monitoring jaringan lokal.

Baca juga: Perbaiki Jam dan Tanggal MikroTik Otomatis

Sebagai contoh pada pengaturan dibawah ini watchdog timer MikroTik digunakan untuk monitoring koneksi internet ke jaringan DNS Google.

Pengaturan WatchDog Timer

Masuk ke  System ->  Watchdog

watchdog-timer-mikrotik
Watchdog Timer
  • Watchdog Timer  – ceklis untuk menghidupkan fitur Watchdog
  • Watch Address  – Isi dengan alamat IP yang ingin Kamu ping.

Kamu bisa menggunakan IP DNS Google 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Atau melakukan ping ke IP lain sesuai keinginan Kamu, ya boleh saja dongs.

  • Ping Start After Boot  – jarak waktu berapa lama setelah perangkat hidup akan melakukan ping ke alamat IP.

Itu settingan digambar 5 menit, jadi entar tiap 5 menit perangkat MikroTik kita bakal reboot otomatis kalo ping ke DNS Google tak terbalas~

Kalau mau kirim email notifikasi tiap jaringan lagi down ya diisi aja settingan selanjutnya, kalo gw sih gak ngisi soalnya lagi males nyettingnya. Ntar aja kalo lagi pengen artikelnya diupdate lagi ya

  • Send Email To  – email penerima notifikasi
  • Send Email From  – Email pengirim notifikasi.
  • Send SMTP Server — Server SMTP Email.

Gampang banget kan?? Yaudah dulu lah ya artikel kali ini tentang Watchdog Timer MikroTik, gw mau ngopi dulu pagi-pagi udah ngetik sambil mikirin kata-kata biar artikelnya panjang gini agak bikin ngantuk. Kalau ada pertanyaan, saran, kritik, atau mau transfer duit tulis aja dikolom komentar. Wassalam

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *