Cloudflare Gateway Solusi DNS Untuk Filter Jaringan

Cloudflare Gateway Solusi DNS Untuk Filter Jaringan – Saat ini tempat tidur dan meja makan berubah menjadi tempat kerja, orang tua berperan sebagai pendidik dan penghibur dimasa pandemi. Kita semua bekerja untuk menjaga keluarga dan orang sekitar terlindungi dari COVID-19.

Kita tetap dirumah dan mengandalkan jaringan internet rumah lebih banyak dari sebelumnya, itulah sebabnya ramitan.com membagikan sedikit tip WFH lebih aman untuk jaringan internet dirumah.

Untuk memberi rasa aman pengguna pada jaringan salah satunya adalah dengan menggunakan DNS Resolver yang aman, contohnya adalah Cloudflare DNS 1.1.1.1 dan 1.1.1.1 For Families.

Namun ada sedikit kekurangan yang ramitan.com rasakan ketika menggunakan DNS diatas, yaitu kita tidak memiliki kebebasan mengatur filter apa saja yang bisa dibypass atau diblokir.

Cloudflare Gateway

Kekurangan diatas dapat diselesaikan dengan menggunakan Cloudflare Gateway. Ini merupakan bagian dari Cloudflare for teams yang memiliki fitur DNS penyaring jaringan yang lebih lengkap, tentu saja sama cepatnya dengan dns 1.1.1.1.

Baca juga:

Yang kamu perlukan hanya akun Cloudflare, masuk ke dashboard Cloudflare for Teams, membuat lokasi dan mengatur filter yang diinginkan pada menu Policies. Kamu akan mendapatkan konfigurasi DNS khusus untuk jaringanmu seperti dibawah ini;

cloudflare-gateway
konfigurasi DNS

Filter jaringan pun bisa dengan mudah kamu kamu lakukan. Melindungi jaringan dari Malware dan blokir berdasakan kategori yang bisa dipilih, seperti gambar dibawah ini.

block-malware-cloudflare-teams
Blokir Malware
filter
Blokir berdasarkan kategori

Kamu juga bisa menambahkan sendiri domain yang ingin diblokir dengan menambahkan list domain yang ingin diblokir.

Banyak fitur lain selain fitur diatas yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan jaringan, seperti fitur keamanan, catatan kunjungan domain dan custom filter berdasarkan domain. Sekian tutorial ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.