Format Video Untuk Head Unit Pioneer AVH-195DVD

Pertama kali saya coba membuat format video untuk head unit mobil Pioneer AVH-195DVD, saya merasa sangat kesulitan karna sudah coba macam-macam aplikasi konverter, mengganti resolusi, dan format video, tapi masih saja ada masalah.

Masalah yang terjadi seperti suara putus-putus, video terputus-putus, tampilan gambar kekecilan atau kebesaran, ada suara namun tidak ada video, dan lain-lain.

Sampai akhirnya menemukan tutorial yang ada pada forum kaskus, ketika saya coba dan berhasil. Langsung terfikir untuk saya tulis ulang tutorial tersebut pada blog ini sebagai sekedar catatan pribadi dan membantu kawan-kawan yang mengalami kesulitan yang sama.

Baca juga: Review Simbadda CST 310N Speaker Bluetooth Murah.

Cara Mengubah format Video

Kemungkinan juga tutorial ini bisa dipakai untuk head unit pioneer jenis lain. Saya berharap kamu yang telah mencoba pada Head Unit Pioneer jenis lain dapat meninggalkan komentar, agar pengguna lain dapat menjadikan tutorial ini sebagai referensi dalam melakukan konversi format video head unti mereka.

Yang kita ketahui pada HU tersebut resolusi video adalah 720 x 576, berikut langkah-langkah yang saya lakukan:

Time needed: 20 minutes.

Membuat Format Video Untuk Pioneer AVH-195DVD

  1. Install Aplikasi Format Factory

    Kamu bisa mendownload Program Format Factory langsung pada link ini dan setelah selesai langsung lakukan instalasi.

  2. Buka Aplikasi Format Factory

    Setelah selesai melakukan instalasi, kamu bisa membuka program Format Factory, lalu pilih jenis Video – VOB.

  3. Klik Output Setting

    Menu ini digunakan untuk mengatur properti hasil konversi

  4. Sesuaikan Jenis Dan Ukuran Video

    Pada head unit mobil Pioneer AVH-195DVD menggunakan resolusi video 720×576 dan DVD PaL Large, ikuti gambar untuk lebih jelas:

  5. Tambahkan File

    Setelah mengatur resolusi dan jenis video, kamu bisa klik tombol OK. Setelah itu kamu bisa menambahkan video yang ingin kamu ubah formatnya pada aplikasi Format Factory.

  6. Mulai Perubahan Format

    Setelah menambahkan file yang ingin kamu ubah formatnya, kamu bisa langsung memulai dengan melakukan klik pada tombol Start.

  7. Salin File Ke FlashDisk

    Setelah perubahan format selesai kamu bisa mmenyalin file hasil konversi ke flashdisk lalu coba mainkan pada head unit mobil Pioneer AVH-195DVD.

Tidak terlalu sulit ya ternyata, sekian tutorial cara merubah format video untuk head unit Pioneer AVH-195DVD.

Apabila kamu menemukan masalah dalam melakukan konversi atau ada pertanyan dan kekurangan dalam tutorial ini, kamu bisa meninggalkan balasan pada kolom komentar. Wassalam

25 pemikiran pada “Format Video Untuk Head Unit Pioneer AVH-195DVD”

  1. convert udan berhasil, tapi pas format read di headunit ada logo kaya rambu2 dilarang stop itu, trus balik lg ke mp3
    kenapa ya itu

    Balas
  2. gan, file video ane setelah di convert menjadi 90mb bahkan ada yang 120mb, dan ane coba di hu ane gabisa, apakah ada settingan yang belum ane tau gan??

    Balas
  3. Semangat agan2… Titorial ini sgt membantu, cuma masalahnya type HU ane AVH-P3350BT, gak support dgn toturial itu ya… Montol barangkali ad yg bisa tuk stting type avh-p3350bt ane gan… Klo mengikuti tutorial aini file nya mnjdi vob, tuk pilihan type file yg divx nya dmana ya?…

    Balas
  4. bro, kalo kemaren ane nyoba bisa. tp diputer sekali dua kali aja bisanya. setelah itu filenya ga bisa dibuka. kira2 kenapa ya?

    Balas
    • waduh, seharusnya kalo udah ikut tutorial lancar, ane sampe sekarang lancar aja mas. coba di cek file korup atau gak, flash disknya bermasalah atau gak, atau HU nya yg bermasalah. Ane coba cek lagi di sisi tutorialnya, klo ada kesalahan nanti ane update di tulisan.

      Balas

Komentar disini