Praktik Local SEO Terbaik Untuk Bisnis

Semakin berkembangnya teknologi informasi, Kita dimudahkan untuk melakukan pemasaran. Yang awalnya menggunakan teknik pemasaran tradisional berubah menjadi pemasaran melalui sosial media dan situs bisnis.

Memiliki bisnis didaerah tertentu dan kamu ingin situs bisnismu muncul pada halaman pertama pada mesin pencarian? Maka kamu wajib menggunakan Local SEO pada profil bisnis diplatform online.

Apa itu Local SEO?

Local SEO (Search Engine Optimization) adalah proses meningkatkan visibilitas atau peringkat bisnis pada area lokal (daerah tertentu) di mesin pencarian, seperti Google, Yandex dan Bing, terutama bisnis yang memiliki lokasi fisik.

Manfaat Local SEO

Dengan menerapkan Local SEO, peringkatmu di mesin pencarian akan meningkat. Hasil dari peningkatan tersebut maka semakin banyak konsumen yang mengenal bisnismu, maka bukan tidak mungkin mengubah konversi menjadi penjualan atau menjadi pelanggan.

Dengan semakin banyaknya penjualan maka bisnismu semakin banyak menghasilkan profit yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis kelevel selanjutnya.

Siapa yang perlu memakai local SEO?

Local SEO tidak hanya diperlukan untuk pelaku bisnis kecil, hal ini berlaku untuk semua kalangan bisnis yang ingin memenangkan peringkat pada daerah tertentu.

Perusahaan besar pun harus menerapkan tip ini, misalnya perusahaan Kamu memiliki cabang di banyak daerah, maka Kamu pasti ingin memenangkan persaingan pencarian pada setiap daerah tersebut.

Baca juga: 4 Layanan Hosting Email Berbayar Untuk Bisnis

Tip Local SEO

Berikut praktik local SEO yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan bisnismu.

1. Google Bisnisku (Google My Bussines)

Klaim halaman bisnis Kamu jika sudah ada pada Google Maps atau buat bisnis baru pada Google Bisnisku dengan melengkapi nama bisnis, alamat, nomor telpon dan jam kerja dengan rinci.

Optimasi Google Bisnisku dengan menggunakan semua fitur yang menguntungkan untuk kepentingan bisnis. Seperti;

  • Optimasi merchant feed dengan posting secara berkala minimal 1x sebulan.
  • Perbanyak foto lokasi bisnis dengan pembaharuan berkala.
  • Gunakan fitur pesan singkat.
  • Memperbanyak ulasan yang baik dengan rating tinggi pada konsumen.
local-seo
Google Bisnisku

Penggunaan Google Bisnisku merupakan penerapan local SEO paling dasar dan wajib digunakan para pemilik bisnis.

Sebagai contoh skrinsut dibawah ini adalah laporan Google Bisnisku pada bisnis yang belum operasional namun sudah menerapkan local SEO.

laporan google my bussines
Laporan GMB

Bayangkan jika bisnis tersebut sudah dibuka, maka konversi pencarian berpotensi sangat besar untuk menjadi konsumen dengan penerapan SEO lokal.

2. Situs Mobile Friendly

Jika Kamu memiliki situs bisnis, jangan lupa melakukan optimasi situsmu untuk perangkat mobile, seperti ponsel dan tablet.

Ini sangat mempengaruhi SEO, karena Google mengindeks halaman yang mobile friendly lebih awal. Dan saat ini pengguna lebih banyak berselancar diinternet menggunakan ponsel.

Untuk melakukan tes apakah situs Kamu suduah mobile-friendly, buka halaman Pengujian Situs Mobile-Friendly.

3. NAP Konsisten

Gunakan NAP (Name, Address, Phone Number) yang konsisten pada tiap halaman, situs, dan profil yang ada diinternet.

Jika Kamu mengganti nomor telpon, maka ubah juga semua nomor telpon pada setiap laman, berlaku juga untuk nama dan alamat.

Pada situsmu, gunakan Schema Markup untuk nama, alamat, lokasi, ulasan. Hal ini dimaksudkan untuk memperkaya hasil pada mesin pencarian dan membuat bot perayapan Google mengerti isi tentang situs bisnismu.

4. Buat FAQ

Pada situs bisnis gunakan FAQ (Frequently Ask Question) atau pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kostumer.

Lebih baik lagi jika Kamu menggunakan Schema Markup pada bagian FAQ karena dapat memperkaya tampilan hasil pencarian pada Google.

5. Review (Ulasan)

Para calon kostumer yang ingin membeli produk atau menggunakan layanan anda, hampir semua mempertimbangkan ulasan sebelum memutuskan menjadi kostumer.

Maka jika memungkinkan untuk meminta konsumen untuk meninggalkan ulasan pada situs dan/atau Google Bisnisku.

6. Respon Kostumer

Respon semua pesan dan ulasan yang buat oleh kostumer, respon yang lebih cepat maka semakin baik untuk meningkatkan kesan positif kostumer terhadap bisnis Kamu.

7. Tingkatkan Kecepatan Situs

Core Web Vitals adalah komponen besar yang digunakan Google saat ini. Pengalaman pengguna juga akan digunakan untuk Penerapan rangking situs.

Optimasi situsmu agar memiliki kecepatan yang baik sesuai dengan skor pagespeed.

Kamu bisa melakukan optimasi sendiri dengan mengikuti banyak tutorial diinternet atau dengan cara singkat meng-hire profesional jika memiliki dana lebih.

Untuk melakukan pengetesan kecepatan situs kamu bisa membuka PageSpeed Insights.

8. Terintegrasi otomatis dengan Media Sosial

Integrasikan otomatis setiap pos dan halaman terbaru dengan media sosial, maka setiap Kamu pos sebuah halaman akan langsung otomatis mempublikasikan posting pada sosial media.

Sebagai contoh Kamu membuat promo terbaru untuk bisnis, maka Kamu ingin semua pengguna sosial media berbeda tahu tentang promo tersebut.

9. Dapatkan backlink

Backlink bisa Kamu dapatkan dengan membuat post pada situs lain, dengan menambahkan link yang menuju ke situs bisnismu.

Mendapatkan backlink post ini bisa dengan guest post gratis dan juga berbayar.

Selain backlink dengan post, Kamu juga bisa membuat backlink profil dengan cara membuat profil yang dilengkapi dengan informasi lengkap bisnismu, sebagai contoh membuat profil bisnis di Quora.

10. Rutin Post Artikel Pada Situs

Rutin membuat post blog pada situs bisnis Kamu dengan keyword yang sesuai dengan lini bisnis yang sedang Kamu jalani.

Kamu bisa membuat post berupa tulisan tips, tutorial, dan promo yang sedang berjalan pada bisnismu.

Semoga membantu untuk meningkatkan konversi bisnis dengan lokal SEO. Jika ada pertanyaan atau saran yang lebih baik, silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *