Plugin Wajib WordPress Untuk Pemula

Artikel ini membahas beberapa plugin wajib wordpress yang sebaiknya kamu install pada situs atau blog wordpress kamu, alasannya adalah untuk memperindah tampilan desktop serta mobile, meningkatkan peringkat google, dan mempercepat loading situs.

Apa itu Plugin WordPress?

Plugin WordPress Adalah sebuah software yang berfungsi menambah fitur baru pada situs atau blog wordpress.

Plugin Wajib WordPress

1. Yoast SEO

Dengan Yoast SEO kamu bisa mengatur SEO kamu untuk meningkatkan peringkat pencarian Google, banyak tutorial di internet cara pengaturan Yoast, silahkan sesuaikan dengan blog kamu.

2. WP Fastest Cache

Digunakan untuk mempercepat loading situs kamu, hal ini juga salah satu faktor naiknya peringkat pada google dan kembalinya visitor pada blog kamu.

WP Fastest Cache cocok untuk pemula karna lebih mudah dan sederhana dalam pengaturan.

Baca Juga: Mempercepat WordPress Dengan Plugin WP Fastest Cache Dan Cloudflare

3. UpdraftPlus – Backup/Restore

Amankan blog kamu dengan melakukan backup secara berkala dengan plugin ini. Kamu bisa melakukan back up manual dan otomatis sesuai jadwal, lalu bisa langsung upload back ke Google Drive, Dropbox, dan lain-lain.

4. Smush

Kompress gambar yang kamu upload agar tidak memakan tempat pada hosting dan tentu saja mempercepat akses ke situsmu dengan ukuran gambar yang lebih ringan.

5. SEO Friendly Images

Selain Yoast SEO, kamu juga memerlukan plugin SEO Friendly Image untuk menaikan peringkat google.

6. Regenerate Thumbnails

Merapihkan thumbnail gambar sesuai templatemu, maka setiap kamu mengganti template sebaiknya jangan lupa lakukan regenerate thumbnail.

7. Jetpack oleh WordPress.com

Plugin ini dibuat oleh pembesut wordpress, banyak fitur yang disematkan oleh pengembang pada jetpack, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

8. Contact Form 7

Saya menggunakan plugin ini untuk membuat halaman form contact me atau hubungi saya.

9. All 404 Redirect to Homepage

Ketika pengunjung masuk ke salah satu halaman atau pos kamu, bila halaman tersebut terjadi Error 404 maka akan langsung menuju ke halaman depan.

10. AMP for WP

Google mengenalkan AMP untuk pengalaman lebih cepat akses situs mobile kamu, sebaiknya sesuaikan dengan templatemu dan niche blog yang kamu buat.

Jika kamu telah memiliki template yang responsif menyesuaikan perangkat apa yang digunakan untuk mengakses situs maka AMP tidak terlalu diperlukan.

Namun untuk kamu yang menulis blog berisi berita sebaiknya AMP wajib dipasang.

11. Glue for Yoast SEO & AMP

Kalo kamu menginstall Yoast SEO dan mengimplementasikan AMP pada situs WordPressmu, maka plugin ini wajib untuk optimisasi pada halaman AMP.

12. Akismet Anti-Spam

Digunakan untuk mencegah komentar sampah dari sales dan bot pada situs blogmu.

Itu saja beberapa plugin wajib wordpress yang perlu diinstall oleh pemula seperti saya, semoga membantu kamu untuk memulai blog. Kalau kamu merasa artikel ini berguna boleh bagikan ke sosial media, terima kasih.

Satu pemikiran pada “Plugin Wajib WordPress Untuk Pemula”

Komentar disini