Sahabat Terbaik Developer yang Harus Kamu Ketahui

Apakah kamu developer? Kamu suka coding di laptop atau komputer, melakukan mobile application development, software development, ataupun website development? Nah, agar aktivitas coding kita senantiasa lancar, kita perlu mengakrabkan diri dengan berbagai tools bermanfaat yang sudah tersedia. Apa saja? Yuk, simak!

StackOverflow, Tempat Para Developer Bertanya dan Menjawab

StackOverflow adalah website komunitas developer terbesar di dunia. Di kala kita tidak lagi menemukan jawaban; teman-teman pergi entah ke mana; bug tak kunjung sirna, di sinilah peran StackOverflow hadir sebagai penyelamat kita para developer.

Di StackOverflow, kita tidak hanya bisa bertanya atau sekadar mencari jawaban. Bisa juga ikut berkontribusi menyelesaikan berbagai masalah yang belum terselesaikan. Ya, di StackOverflow juga masih banyak masalah yang belum terpecahkan. Di sinilah tugas kita sebagai developer untuk bersatu, berdiskusi, dan berkontribusi untuk memecahkan masalah bersama.

The 3G: Git; GitHub; GitLab, Repositori Kesayangan Developer

Baik Git; GitHub; atau GitLab, mereka biasa menemani para developer untuk berkreasi dan berkolaborasi sehari-hari. Git adalah perangkat lunak pengendali versi atau proyek manajemen kode.

GitHub secara lebih sederhana fungsinya antara lain untuk menyimpan repository. Menjadi wadah atau alat kolaborasi dalam mengerjakan sebuah proyek. GitLab adalah layanan mirip GitHub yang bisa dipakai organisasi untuk menyediakan manajemen internal git repositories. Sistem manajemen Git-repository yang di-host-sendiri, menjaga private code pengguna dan dapat dengan mudah menyebarkan perubahan kode.

Tools Jira; Trello; Teamwork, yang Juga Berguna Bagi Developer

Kalau yang ini bisa dibilang adalah papan tulis atau task board digital. Tidak hanya umum dipakai oleh developer, tapi juga biasa digunakan oleh tim lain untuk mengelola pekerjaan mereka. Kegunaannya Jira, Trello, dan Teamwork ini adalah untuk:

  • Task Assignment
  • Memantau Roadmaps pengerjaan
  • Reporting, dan lain-lain.
  • Tools-tools tersebut mempermudah kita untuk keep on track juga melengkapi dokumentasi terkait proyek yang sedang dikerjakan.

Terminal & Postman

Untuk tools yang terakhir ini, sebenarnya mereka tidak hidup saling berdampingan. Tapi, tetap sering tidak luput dari keseharian developer. Terminal pada dasarnya bisa digunakan untuk banyak hal. Bagi developer sendiri, terminal biasa digunakan untuk konfigurasi proyek, juga sesederhana pull dan push proyek yang sedang dikerjakan.

Postman merupakan tool wajib bagi para developer yang berkutat dengan API. Fungsi utamanya sebagai GUI API Caller. Tapi, sekarang Postman juga menyediakan fitur lain seperti Sharing Collection API untuk dokumentasi dan Testing API. Jika kalian sedang develop atau bekerja dengan API, sangat direkomendasikan untuk memakai Postman.

Software IDE

Yang paling utama adalah software IDE. Software ini sebagai lingkungan pengembangan aplikasi atau program komputer yang mempunyai beberapa fasilitas yang dibutuhkan dalam pembangunan perangkat lunak. Ini tempatnya para developer melakukan coding.

Itu dia tools yang para developer perlu jadikan sahabat. Yuk, lanjut coding lagi!

Penulis:
Arif Rahman adalah seorang iOS developer dan aktif menulis di gits.id/blog.

Komentar disini