Agar Aplikasi Google Maps Hemat Kuota Data Seluler

Kali ini saya ingin menulis tutorial agar aplikasi Google Maps hemat kuota data seluler, agar perjalananmu menggunakan GPS lebih santai tanpa memikirkan kuota, hehe.

Sekilas Tentang Google Maps 

Google Maps adalah produk layanan milik Google yang digunakan untuk mempermudah perjalanan kita. Kita mendapat informasi citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas terbaru, dan dapat membuat perencanaan perjalanan dengan berjalan kaki, mobil, sepeda, dan angkutan umum.

Aplikasi ini sudah menjadi salah satu aplikasi wajib install disetiap device mobile, karna kemudahan yang kita dapat untuk mencari tempat dan sangat membantu para traveler.

Untuk kamu yang sangat aktif menggunakan aplikasi Google Maps ini, namun memiliki keterbatasan kuota, tentu saja mengeluh karna aplikasi ini aktif memakan kuota ketika digunakan.

Untuk menghemat penggunaan kuota pada aplikasi GPS biasanya dengan cara menginstall aplikasi lain yang hanya membutuhkan offline maps, namun maps pada aplikasi lain tidak terlalu update menurut saya.

Cara Membuat Google Maps Hemat Kuota Internet Seluler

Ada satu cara yang selalu saya pakai untuk menghemat penggunaan data pada Google Maps, walaupun cara ini tidak serta-merta memberhentikan penggunaan paket data, namun sangat membantu dalam penghematan.

Baca Juga:  Perbaiki GPS Dan Google Maps Meizu

Caranya adalah dengan mendownload map suatu daerah secara offline. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan data seluler pada aplikasi Google Maps:

Time needed: 10 minutes.

Cara Hemat Kuota Data Seluler Google Maps

  1. Buka Aplikasi Google Maps

    Silahkan kamu buka aplikasi google maps pada perangkat kamu dan klik menu pada pojok kiri atas

  2. Pilih Offline Maps

    Pada menu terdapat berbagai pilihan, silahkan kamu klik Offline Maps

  3. Klik Select Your Own Map

    Setelah membuka menu Offline Maps kamu akan melihat menu unduhan bertuliskan Select Your Own Maps, kamu bisa klik pada menu tersebut.

  4. Pilih dan Unduh Map

    Langkah terakhir yaitu menentukan daerah yang ingin kamu unduh agar bisa dipakai secara offline tanpa data seluler. Kamu bisa menggeser, membesarkan dan mengecilkan ukuran kotak daerah unduhan dengan dua jari. Lalu klik download, sebaiknya kamu terkoneksi ke jaringan wifi untuk menghemat data.

Sekian tutorial agar aplikasi Google Maps hemat kuota data seluler. Semoga membantu menghemat pemakaian kuota kamu dan selamat jalan-jalan. Wassalam

Komentar disini