Home » Tutorial » Mencegah Tracking Admin WordPress Pada Google Analytics

Mencegah Tracking Admin WordPress Pada Google Analytics

Mencegah Tracking Admin WordPress Pada Google Analytics – Secara umum Google Analytics menghitung semua kunjungan halaman pada situs kamu, termasuk halaman yang dikunjungi admin.

Ketika kamu sudah melakukan login, menulis artikel, dan melakukan perubahan, hal ini tercatat masuk hitungan kunjungan halaman oleh Google Analytics.

Kelemahan dari hal tersebut kamu tidak dapat mendapat laporan yang akurat dari pengunjung sebenarnya. Maka dari itu kita seharusnya mencegah Google Analytics menghitung kunjungan halaman wordpress untuk akun admin atau akun lainnya yang sudah login.

Baca juga: Mengubah Format Gambar WordPress Menjadi Webp Dengan Plugin Webp Express

Pada tulisan ini akan kami memberitahu bagaimana mencegah Google Analytics untuk pengguna yang sudah login, seperti admin. Caranya yaitu kita perlu menambah filter pada Google Analytics, seperti dibawah ini:

Time needed: 10 minutes.

Cara Mencegah Tracking Admin WordPress Pada Google Analytics

  1. Buka Google Analytics

    Kamu bisa masuk ke dashboard Google Analytics dan pilih property situs yang akan ditambahkan filter.

  2. Buka Pengaturan Admin

  3. Klik Pengaturan Filter

  4. Tambahkan Filter

  5. Filter /wp-admin/

    Filter pertama untuk mencegah Google Analytics melakukan tracking pada direktori /wp-admin/ kamu bisa sesuaikan pengaturan filter seperti gambar dibawah ini lalu klik save

  6. Filter Login

    Setelah filter pertama diatas disimpan, buat lagi filter kedua dengan klik ADD FILTER untuk mencegah Google Analytics melakukan tracking pada eksekusi wp-login.php maka pengguna yang akan masuk tidak akan masuk ke data tracking analytics. Sesuaikan pengaturan seperti gambar dibawah lalu klik save

Dengan cara diatas maka kita sudah tidak melakukan tracking admin wordpress pada Google Analytics, silahkan lakukan percobaan dengan mengakses situs wordpressmu dengan akun yang sudah login atau admin user.

2 tanggapan pada “Mencegah Tracking Admin WordPress Pada Google Analytics”

Komentar disini