Cara Mengirim Email Terhapus Otomatis Dengan Gmail

Salah satu fitur email yang sangat dibutuhkan yaitu membuat email terhapus otomatis setelah terkirim kepada penerima atau biasa disebut dengan Self-Destructing email.

Kadang ada saatnya kita mengirimkan email yang berisi informasi atau file yang sensitif yang hanya boleh dibuka oleh sebagian orang saja. Maka sangat tidak aman jika informasi atau file tersebut tersimpan selamanya pada inbox penerima.

Maka pada situasi tertentu akan sangat baik jika kita mengirim email yang bisa terhapus otomatis, yang memungkinkan surat elektronik tersebut hilang dalam periode tertentu.

Pada Gmail, kita bisa mengirimkan Self-Destructing email dengan menggunakan fitur “Mode Rahasia” atau Confidential mode.

Pada tutorial kali ini Saya akan menjelaskan tentang Mode Rahasia dan bagaimana cara menggunakan agar email terhapus otomatis dari inbox email penerima dalam periode waktu tertentu sesuai pengaturan yang Kita buat.

Baca juga:  Buat Email Domain Sendiri Tanpa Hosting Di Cloudflare

Apa itu Mode Rahasia?

Mode Rahasia adalah salah satu fitur keamanan email yang sudah diberikan Google pada aplikasi Gmail. Email yang Kamu kirimkan dengan Mode Rahasia memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan mengirim email biasa, seperti:

Keuntungan Mode Rahasia Gmail

  • Penerima email tidak dapat melakukan Forward, copy/paste, dan print email yang diterima.
  • Kita bisa mengatur masa berlaku email tersebut.
  • Kita bisa memberi keamanan tambahan pada surat tersebut dengan OTP.

Cara Mengirim Email Terhapus Otomatis dengan Gmail Web

Kamu bisa mengikuti cara dibawah ini untuk mengirimkan email yang terhapus otomatis pada periode waktu tertentu menggunakan fitur Mode Rahasia;

Mengirim Self-Destructing email

Total Waktu: 5 menit

1. Buka Gmail

Masuk keakun Gmail dan tulis email baru yang akan Kamu kirimkan.

Baca juga:  5 Layanan Hosting Email Untuk Bisnis

2. Pengaturan Email

Cara-Mengirim-Email-Terhapus-Otomatis-3

Klik tombol Gembok untuk mengatur penghapusan otomatis

3. Pengaturan Self-Destructing email

Cara-Mengirim-Email-Terhapus-Otomatis-4

Pada bagian Tetapkan Tanggal Akhir Masa Beerlaku, pilih waktu kapan email tersebut akan terhapus otomatis. Kamu bisa memilih 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, dan 5 tahun.

4. Pengaturan lanjutan

Pada bagian Perlu Kata Sandi secara default fitur ini tidak diaktifkan, tapi jika Kamu memilih Kode Sandi SMS, maka penerima perlu mengisi OTP yang dikirimkan kenomor ponsel untuk membuka email yang diterima.

5. Simpan

Langkah akhir klik tombol Simpan dan Kamu bisa kirim email tersebut. Jika Kamu memilih email dengan Kode Sandi SMS, maka Kamu akan diminta untuk mengisi nomoor ponsel penerima email tersebut sebelum mengirim.

Cara Mengirim Self-Destructing email Pada IOS/Android

Begini cara mengirim email yang visa terhapus otomatis dengan aplikasi ponsel Android dan IOS:

  1. Buka aplikasi Gmail dan tulis email baru.
  2. Klik tombol titik 3 yang berada dipojok kanan atas dan pilih menu Mode Rahasia
Baca juga:  5 Layanan Hosting Email Untuk Bisnis
  1. Sama seperti mengirim email dengan Gmail versi web, Kamu bisa mengatur masa berlaku dan apakah memerlukan Kode Sandi SMS untuk membuka pesan tersebut..
  2. Kirim email.

Kesimpulan

Walaupun masih ada beberapa kekurangan juga menggunakan Mode Rahasia, namun menggunakan fitur ini lebih baik dan aman dibandingkan dengan mengirim email dengan cara biasa.

Saya sangat menyarankan untuk menggunakan fitur Mode Rahasia ini ketika Kamu ingin mengirimkan email pribadi yang berisi detail informasi maupun dokumen yang sangat sensitif.

Namun untuk pengguna yang sangat serius dengan keamanan email, Kamu bisa menggunakan penyedia layanan email pihak ketiga berbayar yang memberikan garansi keamanan pada layanan mereka.

Begitulah cara yang Saya gunakan untuk mengirim pesan email terhapus otomatis menggunakan Gmail gratisan dari Google.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *