Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Halaman Tanpa Aplikasi

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu Halaman Tanpa Aplikasi – PDF atau kepanjangan dari portable document format merupakan salah satu format dokumen yang sering digunakan untuk membagikan informasi seperti pembelajaran (edukasi), ilmu, sharing seputar dunia internet dan sebagainya.

Beberapa orang meyakini bahwa menggunakan file pdf tidak dapat di edit ulang sebelum orang yang menerima file tersebut meminta izin ke pemilik file pdf.

Selama ini hanya cara manual saya yang bisa digunakan untuk mengedit file pdf yang sudah jadi. Mestinya anda harus ekstra kerja keras untuk mendapatkannya.

Sebagai orang yang sering membuat atau mengumpulkan file pdf contohnya anak sekolahan yang dikasih materi dalam bentuk pdf agar dokumen tersebut bisa dibaca ulang oleh pelajar.

Demi mendapatkan ilmu bermanfaat, para guru memberikan file berbentuk PDF ini. Namun jika anda siswa yang sadar maka anda dapat menggunakan langkah cara menggabungkan PDF jadi satu paket. Berikut pemaparan mengenai hal tersebut.

Cara Menggabungkan File PDF

Ada dua langkah yang bisa anda dapatkan ketika ingin merge pdf menjadi satu halaman atau satu file utuh. Hal ini digunakan sebagai menyingkat waktu ketika ingin melihat pdf lainnya tanpa harus membuka file lain secara satu per satu.

Apakah anda sudah penasaran ingin melihat tahapan – tahapan mengenai cara gabungkan pdf? Berikut ini pemaparannya.

Cara Pertama : Menggunakan Aplikasi

Cara pertama ini memang sedikit agak menguras kuota internet anda. Soalnya saya merekomendasi anda untuk mendownload sebuah file yang isinya adalah software untuk mengelola file pdf.

Pada software tersebut hanya bisa digunakan untuk pengelolaan file pdf layaknya adobe reader. Namun ini aplikasi alternatif ketika anda tidak mau menggunakan aplikasi dari adobe reader.

Aplikasi nya bernama foxit reader. Aplikasi ini jelas fiturnya lebih dari adobe reader, yang bisa digunakan untuk menggabungkan file. Anda bisa melihat tutorial pada postingan ini mengenai cara menggabungkan pdf dengan foxit reader.

Jadi anda harus mendownload softwarenya terlebih dahulu melalui ulasan sebelumnya diatas. Kemudian masuk ke aplikasinya, jangan lupa sediakan file pdf yang ingin digabung.

Kemudian pilih opsi comment -> File -> cari file pdf -> Jika muncul kotak dialog, silakan tekan OK saja untuk membiarkan secara default.

Cara Kedua : Menggunakan Laman Web

Apabila anda tidak ingin menguras kuota terlalu banyak mungkin anda dapat menggunakan cara kedua untuk combine pdf menjadi satu laman.

Baca juga: Menghilangkan Background Pada Iklan Google Adsense

Cara ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan karena hanya membuka sebuah website saja kemudian anda bisa drag and drop atau ambil dari komputer, maka otomatis file pdf anda menjadi satu bagian utuh.

Situs tersebut bernama smallpdf, yang bisa anda akses melalui link berikut ini : https://smallpdf.com/id/menggabungkan-pdf

Setelah mengakses laman tersebut, anda bisa mempersiapkan beberapa dokumen pdfnya. Kemudian tinggal masukkan semua file tersebut ke halaman website ini.

Setelah itu file akan diunggah ke dalam website tersebut, tunggu hingga proses selesai. Lalu nanti setelah selesai anda dapat memilih opsi gabungkan file pdf dan tunggu sebentar lagi.

Jika sudah, maka otomatis sudah digabungkan oleh website smallpdf, kemudian anda bisa memilih opsi Download yang tertera di halaman website.

Demikian ulasan singkat saya mengenai cara menggabungkan file pdf menjadi satu bagian utuh. Dengan begini file – file berbentu pdf yang anda miliki tidak akan berantakan lagi. Terima kasih dan semoga ulasan diatas berguna bagi anda.

Komentar disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.