Home » Review » Userman Eksternal Dan Remote Mikrotik Gratis MyTunnel

Userman Eksternal Dan Remote Mikrotik Gratis MyTunnel

Userman eksternal dan remote mikrotik gratis – Bagi pengguna RouterBoard sudah tidak asing dengan package userman untuk melakukan manajemen pengguna hotspot pada jaringan mereka.

Bagi pemula yang memiliki keterbatasan dana seperti saya akan memilih perangkat RouterBoard yang murah namun memiliki resource yang kecil.

Saat kita memakai RouterBoard MikroTik dengan resource yang kecil untuk hotspot menggunakan userman yang terinstall pada perangkat RouterBoard pasti akan mengalami kendala seiring meningkatnya pengguna jaringan.

Salah satunya adalah ketika bandwith yang digunakan besar dan pengguna makin banyak, maka ini akan memberatkan kinerja RouterBoard.

Untuk mengatasi hal tersebut salah satu solusinya adalah dengan menggunakan userman eksternal, bisa diinstall pada RouterBoard lain atau menggunakan VPS yang sudah terinstall RouterOS.

Userman Eksternal

Maksud dari userman eksternal yaitu paket userman adalah:

1. Userman Pada RouterBoard Lain.

Jika kamu memiliki RouterBoard yang tidak terpakai atau memiliki budget lebih untuk membeli RouterBoard maka kamu bisa menggunakan cara pertama.

2. Userman Pada VPS Dengan RouterOS.

Untuk cara kedua ini bisa kamu pakai bisa lebih murah bahkan gratis. Kamu bisa menyewa VPS murah, lalu install RouterOS CHR di Vultr atau bisa mencoba userman gratis yang disediakan oleh KangArie di MyTunnel.

Baca juga: Install RouterOS Cloud Hosted Router MikroTik Cepat Tanpa Putty Di VULTR

KangArie menyediakan  layanan VPN Remote, VPN Interkoneksi, DNS Tunnel, DDNS, Userman Cloud, HTTP Reserve Proxy dengan 2 lokasi server.

Pada server ID-SG layanan ini berbayar namun sangat murah sekali hanya 20-25rb perbulan dan untuk server US semua layanan gratis.

Pelayanan berbayar dan gratis yang disediakan KangArie sama-sama bagus.

Perbedaan pada layanan berbayar dan gratis hanya pada lokasi server, yang kita tahu akses server ID-SG (berbayar) lebih cepat di akses dari Indonesia dibanding server US (gratis).

Apabila ada gangguan pada server KangArie langsung cekatan melakukan perbaikan dan memberikan solusi.

Ketika ada maintenance pada server, KangArie langsung memberikan pengumuman di Group Facebook.

Layanan MyTunnel ini sangat saya rekomendasikan bagi pemilik jaringan hotspot yang menggunakan userman untuk manajemen pengguna.

Sekian pembahasan userman eksternal dan remote mikrotik gratis, semoga membantu mengembangkan pengetahuan dan bisnis kamu. Bagikan pada teman kamu apabila artikel ini berguna, Wassalam.

Komentar disini