Saya salah satu pengguna dan fans berat Cloudflare, semua situs yang saya gunakan pasti menggunakan DNS Cloudflare untuk cache dan kemananan situs pada level DNS.

Bahkan beberapa tahun terakhir saya memindahkan domain lama dan membeli domain baru diCloudflare Registrar agar integrasi domain dengan Cloudflare lebih smooth.

Tapi ada salah satu kerugian yaitu Kamu tidak dapat mengganti nameserver kelayanan lainnya. Ini tidak terlalu mengganggu kalau Kamu hanya menggunakan Cloudflare, tapi jika Kamu ingin mencoba layanan lain yang mirip dengan Cloudflare, seperti QUIC.Cloud, maka Kamu gak bisa melakukannya.

Baca juga:  Mengaktifkan DNS Over HTTPS (DoH) Pada Mikrotik

Tidak Bisa Ganti Nameserver

Jika Kamu membeli domain pada registrar lain, Kamu bisa mengganti sesuka hati nameserver yang Kamu mau. Seperti contohnya salah satu domain yang saya beli di Rumahweb

ganti nameserver rumahweb
Ganti Namerserver Rumahweb

Pada gambar diatas adalah salah satu domain Saya yang saya beli di Rumahweb yang menggunakan layanan QUIC.cloud dari Litespeed. Karena hosting domain tersebut menggunakan Litespeed, maka saya memutuskan menggunakan QUIC dah hasil yang didapatkan pun memang akses situs menjadi sangat cepat.

Cloudflare pun melarang Kamu untuk melakukan transfer domain pada 60 hari awal, jadi Kamu harus menunggu 2 bulan aga bisa mentransfer domain dan menggunakan layanan DNS lain.

Maka jika Kamu berencana menggunakan layanan DNS server lain, tidak disarankan untuk membeli domain menggunakan Cloudflare registrar.

Baca juga:  Blokir Komentar Spam Wordpress Dengan Rule Cloudflare

Kelebihan Cloudflare Registrar

1. Harga lebih murah

Kelebihan yang paling utama yaitu sesuai slogan mereka “Domain registrar with no-markup pricing“, jadi harga beli domain di Cloudflare lebih murah, karena mereka menjual dengan harga modal tidak ada keuntungan yang diambil oleh Cloudflare.

Sebagai contoh jika saya membeli domain di Namesilo

beli domain namesilo
Harga domain Namesiloa

Dibandingkan dengan harga beli domain di Cloudflare

beli domain cloudflare
Harga domain di Cloudflare

Bisa terlihat diatas, harga beli domain di Cloudflare lebih murah dibandingkan dengan harga pada Namesilo. Selain itu UX manajemen domain pada Cloudflare pun lebih cepat dan mudah dimengerti oleh pengguna.

2. Gratis Privacy Protection

Seperti pada namesilo, ini salah satu fitur yang saya suka, jadi ketika melakukan whois domain, data pribadi Kita tidak akan muncul. Fitur ini tidak saya dapatkan jika membeli domain pada registrar lokal. Pada registrar lokal, saya harus menambah pembayaran khusus untuk privacy protection.

Baca juga:  Beli Domain Murah Dengan Privacy Protection Gratis

Kesimpulan

Cloudflare salah satu tempat daftar domain yang bagus dan murah, dengan tim serta layanan yang baik patut untuk dijadikan tempat utama membeli domain. Tapi kalau Kamu tidak ingin dibatasi dalam penggunaan nameserver, maka bisa beralih keregistrar lain untuk membeli domain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *