Menguji Bandwidth Pada Jaringan Mikrotik

Menguji Bandwidth Jaringan Mikrotik – Melakukan pengujian trafik dibutuhkan untuk mengetahui total bandwidth yang tersedia atau kemampuan lalu lintas jaringan perangkat yang kamu pakai.

Jika kamu menggunakan perangkat Mikrotik dengan RouterOS. Selain sebagai router perangkat mikrotik juga memiliki fitur untuk menguji seberapa besar trafik yang bisa dilalui pada sebuah jaringan, tool ini disebut dengan Bandwidth Test dan Btest Server.

Berikut beberapa fungsi penggunaan tool ini:

  • Menguji bandwidth antara dua titik di jaringan Anda
  • Mengetahui masalah pada Layer 1
  • Mengetahui kapasitas jaringan secara nyata
  • Menganalisis permasalahan pada TCP dan UDP,seperti
    • Tes queue
    • Menguji Queue Types
    • Menguji Policy Based Routing

Baca juga: Fungsi Recording, Screen Scraping dan Data Scraping Uipath

1. Pengujian Bandwidth Sesama Perangkat Mikrotik

Untuk melakukan pengujian ini kamu harus memiliki 2 perangkat yang digunakan sebagai Btest Server dan Bandwidth Test Client yang bisa dilakukan secara online dan offline.

Btest Server

Tool ini aktif secara default pada perangkat Mikrotik.

Btest Server Settings

Jika kamu melakukan ceklis pada Authenticate, maka harus menggunakan username dan password.. UDP Port antara 1000-64000 dan pada Max Sessions adalah jumlah tes yang bisa dlakukan bersamaan.

Bandwidth Test Tool Client

Tool ini kita gunakan pada sisi client.

Bandwidth Test Tool

Atur sesuai dengan pengujian yang ingin kamu lakukan. Pada bagian Test To kamu isi dengan alamat IP Btest Server, pilih Protocol yang ingin diuji, UDP paket yang bisa diuji antara 29-64000, TCP akan otomatis, pada bagian direction untuk menguji download, upload, atau keduanya.

Ada Public Btest Server yang bisa kamu gunakan secara gratis bisa kamu cari pada pencarian Google atau forum mikrotik.

Baca juga: Cloudflare Gateway Solusi DNS Untuk Filter Jaringan

2. Pengujian Bandwidth Semua Perangkat Online

Untuk menggunakan pengujian ini cukup sederhana, kamu hanya menggunakan peramban seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Pengujian ini bisa dilakukan pada semua perangkat router, ponsel, komputer, dan lainnya yang terhubung secara online ke internet.

Sebagai contoh situs yang bisa kamu gunakan untuk pengujian trafik online pada jaringan adalah www.speedcheck.org. Kamu hanya perlu membuka link pada peramban dan klik Mulai Uji.

Speedcheck

Maka kamu akan melihat hasil pengujian yang cukup lengkap, seperti latensi, kecepatan unduh-unggah, alamat IP, nama ISP, dan apakah jaringan yang kamu pakai aman.

Hasil Pengujian Speedcheck

Sekian artikel cara menguji bandwidth jaringan Mikrotik, semoga pembaca ramitan.com terbantu dengan tulisan ini. Wassalam

Komentar disini