Home » Tutorial » Cara Hapus Aplikasi Sistem Android Tanpa Root Dengan ADB

Cara Hapus Aplikasi Sistem Android Tanpa Root Dengan ADB

Cara Hapus Aplikasi Sistem Android Tanpa Root Dengan ADB

Cara Hapus Aplikasi Sistem Android Tanpa Root – Android saat ini sedang merajai sistem operasi perangkat selular di seluruh dunia, semua brand memakai sistem operasi ini, hanya Apple yang tidak memakai sistem operasi ini.

Ketika kita membeli perangkat baru yang memakai sistem operasi android ini terkadang kita menemukan aplikasi bawaan sistem yang disematkan oleh brand pembuat perangkat, aplikasi ini biasa disebut bloatware.

Bagi sebagian orang hal ini sangat mengganggu, karena kadang kita tidak bisa menonaktifkan dan menghapus aplikasi bawaan android tersebut karna tersemat ke dalam sistem.

Pada tutorial kali ini ramitan.com akan memberi tutorial untuk menghapus aplikasi bawaan sistem yang tidak kita inginkan, agar memory intenal lega dan tidak memberatkan kinerja perangkat android.

Tutorial ini berlaku untuk semua merk ponsel, entah itu Samsung, Xiaomi, Realme, Asus, Sony, Asus, Vivo, Oppo, dan lain-lain. Selama ponsel tersebut masih menggunakan sistem operasi Android.

Baca juga: Solusi Android Agar Bluetooth Tidak Nyala/Hidup Sendiri

1. Menghapus Bloatware Android

Sebelum memulai tutorial cara hapus aplikasi sistem android tanpa root ini, siapkan PC/laptop dengan sistem operasi Windows.

Time needed: 20 minutes.

Cara Hapus Aplikasi Sistem Android Tanpa Root

  1. Aktifkan Android Developer/Opsi Pengembang

    Untuk mengaktifkan android developer kamu bisa membuka About/Tentang Telepon dan melakukan tap 10x pada Build Number/Nomor Pembuatan.

  2. Aktifkan USB Debugging

    Buka Developer option/Opsi Pengembang dan aktifkan Debugging USB.

  3. Install ADB Driver Pada PC/Laptop

    Download dan install ABD driver disini dan install pada PC/Laptop windows anda.

  4. Download dan ekstrak Platform-Tools pada drive C

    Kamu bisa download disini setelah itu ekstrak ke drive C pada PC/Laptop kamu.

  5. Hubungkan Ponsel dengan PC

    Colokan kabel pada perangkat android/ponsel ke PC/Laptop Kamu. Dan tunggu notifikasi USB debugging pada perangkat android kamu lalu izinkan.

  6. Buka Minimal ADB

    Buka aplikasi minimal ADB and Fastboot yang ada di Desktop.

  7. Periksa koneksi perangkat

    Periksa apakah perangkat android kamu sudah terkoneksi dengan ADB, dengan perintah adb devices, periksa HP/Perangkat android kamu apabila muncul notifikasi android debugging centang selalu izinkan dan tap allow/izinkan.

  8. Aktifkan ADB shell

    Setelah kamu melihat perangkat kamu sudah terkoneksi, masih pada aplikasi minimal ADB kamu bisa masukkan perintah cd C:\platform-tools untuk mengganti ke direktori platform-tools yang telah kamu download sebelumnya. Setelah itu masukkan perintah adb shell dan masukan lagi perintah pm list package untuk melihat list aplikasi yang ada pada perangkat kamu.

  9. Uninstall/ Hapus Aplikasi

    Setelah kamu melihat banyak daftar yang ada pada list, kamu harus mengtahui nama apk pada sistem dan pilih yang ingin kamu hapus. Sebagai contoh com.android.google.youtube untuk aplikasi youtube. Kamu bisa melakukan uninstall dengan perintah:

 pm uninstall -k --user 0 com.android.google.youtube

Kamu bisa mengganti com.android.google.youtube dengan aplikasi lain sesuai yang kamu inginkan.

2. Menghapus Bloatware untuk Pengguna Xiaomi dan Redmi

Untuk pengguna ponsel Xiaomi dan Redmi yang menggunakan MIUI sebagai sistem operasi, kamu dapat dengan mudah melakukan penghapusan bloatware (jangan lupa aktifkan dahulu USB Debugging pada pengaturan Developer). Dengan cara dibawah ini:

  • Download program Saki Tools
  • Koneksikan perangkat dengan komputer dan buka aplikasi Saki Tools.
  • Perangkat akan meminta otorisasi, pilih izinkan. (bila belum pernah terkoneksi USB Debugging)
  • Apabila sudah terkoneksi, maka pada aplikasi saki akan muncul banyak pilihan aplikasi, seperti gambar dibawah. Pilih aplikasi yang ingin kamu uninstall!
Saki Tools

Menghapus aplikasi sistem bisa berbahaya (tidak semuanya) apabila kamu salah menghapus apk. Sebelum melakukan hal tersebut pastikan kamu sudah benar-benar mengetahui sistem mana saja yang bisa dihapus dengan aman.

Tutorial cara hapus aplikasi sistem android tanpa root dengan ADB ini bisa membantu kamu membersihkan apikasi sampah yang dibenamkan oleh pembuat perangkat agar penyimpanan dan memori perangkat android kamu lebih lega. Semoga membantu

1 tanggapan pada “Cara Hapus Aplikasi Sistem Android Tanpa Root Dengan ADB”

  1. Pingback: Unlock Dan Root STB Indihome ZTE ZXV10 B860H Tanpa Script Dan Bongkar

Komentar disini