Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Human Capital Management

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju membuat pemahaman tentang sumber daya manusia semakin berkembang. Sumber daya manusia dinilai memiliki nilai dan kualitas yang tinggi dengan adanya human capital. Human capital atau modal manusia adalah proses pemberian kompetensi, nilai, dan pengetahuan terhadap manusia. Adapun human capital management adalah perencanaan dalam memaksimalkan sumber daya manusia tersebut.

Human capital management mencakup berbagai perencanaan yang bisa memaksimalkan sumber daya manusia agar nantinya tercipta tenaga kerja yang kompeten dan mampu untuk berperan dalam menaikkan kualitas perusahaan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas strategi atau hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam human capital management system. Berikut ini adalah informasinya.

Strategi yang Harus Diperhatikan dalam Human Capital Management

Human capital management atau yang sering disingkat dengan sebutan HCM adalah sebuah proses yang tidak bisa dicapai dengan mudah. Dalam menjalankan human capital management system harus memiliki sebuah strategi yang kuat dan kesiapan yang matang, lalu apa saja strategi yang harus diperhatikan dalam menjalankan human capital management ini? Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Menentukan Visi yang Tepat

Strategi human capital management yang pertama ini adalah tentang memahami apa saja kebutuhan sebuah perusahaan. Anda bisa mulai mencari tahu tentang informasi penting perusahaan seperti visi dan misi perusahaan, kendala keuangan, persyaratan dan harapan dari para pekerja, hingga kebutuhan tenaga kerja. Cobalah untuk menganalisis beberapa hal tersebut untuk memahami kesenjangan dalam sistem.

2. Menentukan Tujuan yang Jelas

Untuk mencapai human capital management bisa dilakukan dengan melakukan strategi yang kedua. Ini akan membantu Anda untuk mengembangkan semua tujuan sumber daya manusia yang tidak hanya dalam peningkatan efisiensi seluruh tenaga kerja saja, tetapi juga untuk membuat para pekerja semakin terikat dengan perusahaan atau organisasi.

3. Menentukan Kebijakan untuk Mencapai Tujuan

Ketika sebuah perusahaan sudah merancang tujuan dan sasaran yang akan dicapai, maka langkah selanjutnya dalam human capital management adalah dengan merancang sebuah rencana jangka panjang untuk membuat para pekerja merasa puas dengan pekerjaan mereka dan juga membawa mereka pada level yang lebih tinggi. Tentukanlah siapa yang akan bertanggung jawab dalam pekerjaan mereka berdasarkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

4. Menentukan Rencana Implementasi yang Baik

Strategi human capital management system yang selanjutnya ini mencakup beberapa hal, seperti langkah dan tindakan yang harus diperhatikan untuk mewujudkan semua rencana human capital management perusahaan.

5. Menentukan Sistem yang Akuntabilitas

Setelah melakukan beberapa strategi human capital management di atas, langkah selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah dengan menentukan sebuah sistem yang akuntabilitas. Dengan menentukan sistem akuntabilitas yang baik maka ini akan membantu semua proses dan rencana yang dimiliki perusahaan berjalan dengan baik. Dengan menggunakan sistem ini, Anda akan mampu untuk menganalisis kekurangan apa saja yang ada di rencana dan bagaimana cara memperbaikinya.

Nah, itulah beberapa strategi dalam menjalankan human capital management. Semoga dapat membantu Anda.

Komentar disini